Kamis, 26 Februari 2015

Model Desain Pembelajaran



Pengertian Desain Pembelajaran


  1. Briggs dalam Ritchey (1986) mendefinisikan desain pembelajaran sebagai suatu keseluruhan proses yang dilakukan untuk menganalisis kebutuhan dan tujuan pembelajaran serta pengembangan sistem penyampaian materi pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran.
  2. Smith dan Ragan (1993) mendefinisikan desain pembelajaran sebagai proses sistematik yang dilakukan dengan cara menerjemahkan prinsip-prinsip belajar dan pembelajaran menjadi sebuah rancangan yang dapat diimplementasikan dalam bahan dan aktivitas pembelajaran.
  3. Buhl (1975): Suatu set kegiatan yang bertujuan meningkatkan kondisi belajar bagi siswa.
  4. Hamerus (1971): Proses yang sistematis untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran.
  5. Schauer (1971): Perencanaan secara akal sehat untuk mengidentifikasikan masalah belajar dan mengusahakan pemecahan masalah tersebut dengan menggunanan suatu rencana terhadap pelaksanaan, evaluasi, ujicoba, umpan balik, dan hasilnya.
  6. Twelker, Urbach, & Buck (1972): Cara yang sistematis untuk mengidentifikasi, mengembangkan, dan mengevaluasi satu set bahan dan strategi belajar dengan maksud mencapai tujuan tertentu.
  7. American Telephone & Telegraph, AT&T (1985): Suatu resep dalam menyusun peristiwa dan kegiatan yang diperlukan untuk memberikan petunjuk ke arah pencapaian tujuan belajar tertentu.
  8. Reigeluth (1978): Tiga tahap kegiatan, yaitu: Desain yang bagi seorang pengembang instruksional berfungsi sebagai blue print bagi ahli bangunan, Produksi yang berarti penggunaan desain untuk membuat program instruksional, dan Validasi yang merupakan penentuan kualitas atau validitas dari produk akhir.
  9. Shambaugh (2006) menjelaskan desain pembelajaran sebagai an intellectual process to help teachers systematically analyze learner needs and construct structures possibilities to responsively address those needs.


Model Desain Pembelajaran

Banyak ahli desain pembelajaran membuat desain pembelajaran dengan cirri khas tertentu. Berikut ini diuraikan beberapa model desain pembelajaran, antara lain:

  1. Model Desain Pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, dan Satisfication)
  2. Model Desin Pembelajaran ASSURE
  3. Model Desain Pembelajaran Dick and Carey
  4. Model Desain Pembelajaran Jerold E. Kemp
  5. Model Desain Pembelajaran Smith and Ragan
  6. Model Desain Pembelajaran ADDIE
  7. Model Front-End System Design
  8. Model Bella Banathy
  9. Model PPSI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar