Kamis, 24 November 2011

Prinsip-Prinsip Pembelajaran dan Implikasinya


Prinsip pembelajaran dibangun atas dasar prinsip-prinsip yang diambil dari teori psikologi, terutama berkaitan dengan teori belajar dan hasil-hasil penelitian dalam pembelajaran. Prinsip-prinsip pembelajaran bila diterapkan dalam proses pengembangan pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran akan diperoleh hasil yang lebih optimal. Selain itu juga akan meningkatkan kualitas pembelajaran dengan cara memberikan dasar-dasar teori untuk membangun sistem instruksional yang berkualitas.
Atwi Suparman mengadaptasi pemikiran Fillbeck (1974) mengemukakan beberapa prinsip pembelajaran, antara lain:
1.     Respon-respon baru diulang sebagai akibat dari respon tersebut.
Implikasinya:
            a. Perlunya pemberian umpan balik dengan segera atas  keberhasilan atau respon 
                yang benar dari siswa.
            b. Siswa harus aktif membuat respon.
2.    Perilaku tidak hanya dikontrol oleh akibat dari respon, tetapi juga di bawah pengaruh kondisi atau tanda-tanda yang terdapat dalam lingkungan siswa.
Implikasinya:
             a.  Perlunya menyatakan tujuan pembelajaran secara jelas kepada  siswa sebelum 
                pelajaran dimulai agar siswa bersedia belajar lebih giat.
           b. Penggunaan berbagai metode dan media agar dapat mendorong keaktifan siswa 
                dalam proses belajarnya.
3.  Perilaku yang ditimbulkan oleh tanda-tanda tertentu akan hilang atau berkurang frekuensinya bila tidak diperkuat dengan pemberian akibat yang menyenangkan.
Implikasinya:
      a.  Pemberian isi......


Download tulisan lengkap: prinsip-prinsippembelajaran.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar