Prinsip pembelajaran
dibangun atas dasar prinsip-prinsip yang diambil dari teori psikologi, terutama
berkaitan dengan teori belajar dan hasil-hasil penelitian dalam pembelajaran. Prinsip-prinsip
pembelajaran bila diterapkan dalam proses pengembangan pembelajaran dan
pelaksanaan pembelajaran akan diperoleh hasil yang lebih optimal. Selain itu
juga akan meningkatkan kualitas pembelajaran dengan cara memberikan dasar-dasar
teori untuk membangun sistem instruksional yang berkualitas.
Atwi Suparman
mengadaptasi pemikiran Fillbeck (1974) mengemukakan beberapa prinsip
pembelajaran, antara lain:
1.
Respon-respon baru diulang sebagai akibat dari
respon tersebut.
Implikasinya:
a. Perlunya pemberian umpan balik dengan segera
atas keberhasilan atau respon
yang benar
dari siswa.
b. Siswa harus aktif membuat respon.
2. Perilaku tidak hanya dikontrol oleh akibat dari
respon, tetapi juga di bawah pengaruh kondisi atau tanda-tanda yang terdapat
dalam lingkungan siswa.
Implikasinya:
a. Perlunya menyatakan tujuan pembelajaran secara
jelas kepada siswa sebelum
pelajaran
dimulai agar siswa bersedia belajar lebih giat.
b. Penggunaan berbagai metode dan media agar dapat
mendorong keaktifan siswa
dalam proses belajarnya.
3. Perilaku yang ditimbulkan oleh tanda-tanda
tertentu akan hilang atau berkurang frekuensinya bila tidak diperkuat dengan
pemberian akibat yang menyenangkan.
Implikasinya:
a. Pemberian isi......Download tulisan lengkap:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar