Rabu, 09 November 2011

Jenis Belajar menurut Gagne


Setiap individu memiliki potensi, karakteristik, dan kebutuhan dalam belajar yang berbeda-beda. Dengan demikian terdapat banyak tipe belajar yang dilakukan oleh manusia. Gagne mengemukakan delapan tipe belajar:
1.    Belajar isyarat (signal learning)
Belajar signal, yaitu belajar melalui isyarat atau tanda. Pengalaman belajar ini merupakan pengalaman belajar yang paling sederhana, yaitu belajar bagaimana setiap individu bereaksi terhadap setiap perangsang yang muncul.
Misalnya, seseorang menjadi senang, sedih, gembira, dan lain sebagainya  disebabkan karena munculnya tanda atau signal tertentu. Melalui tanda-tanda tertentu individu akan mereaksi secara terus menerus sehingga membentuk asosiasi tetap.
2.    Belajar stimulus respon
Belajar mereaksi perangsang melalui penguatan, yaitu pengalaman belajar yang terarah. Setiap individu merespon terhadap perangsang yang diberikan selalu diberi penguatan, misalnya dengan reward.
Pengalaman belajar ini lebih tinggi tingkatannya dari sekedar belajar melalui isyarat, sebab pembentukan asosiasi difokuskan pada respon tertentu.
3.    Belajar menghubungkan (chaining)
Pengalaman belajar membentuk rangkaian (chaining), adalah belajar merangkaikan atau menghubungkan gejala atau faktor sehingga menjadi satu kesatuan rangkaian yang utuh dan fungsional.
      Belajar ini terjadi dengan munculnya....

Materi lengkap dapat di-download di:
JenisBelajarmenurutGagne.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar