Rabu, 02 November 2011

Pengertian Strategi Pembelajaran

Strategi berasal dari bahasa Yunani “strategos” yang berarti jenderal atau panglima, sehingga strategi diartikan sebagai ilmu kejenderalan atau ilmu kepanglimaan. Dalam militer, strategi diartikan sebagai cara penggunaan seluruh kekuatan militer untuk mencapai tujuan perang. Strategi dalam berperang berarti cara yang paling efektif untuk memenangkan perang. Sedangkan taktik berperang diartikan ilmu pertempuran.
Dihubungkan dengan belajar mengajar, strategi diartikan sebagai pola-pola umum kegiatan guru dan anak didik dalam perwujudan kegiatan belajar mengajar untuk mencapai tujuan yang telah digariskan.
Dalam ensiklopedia Pendidikan, strategi diartikan sebagai “The art of bringing forces to the battle field in favourable position. Dalam pengertian ini, strategi adalah suatu seni, yaitu seni membawa pasukan ke medan pertempuran dalam posisi yang paling menguntungkan. Dengan demikian, pengertian strategi dapat digunakan dalam bidang pendidikan, khususnya dalam kegiatan belajar-mengajar sebagai suatu seni dan ilmu untuk membawakan pengajaran di dalam kelas sedemikian rupa sehingga tujuan yang telah ditetapkan dapat dicapai secara efektif dan efisien. Selain tujuan pembelajaran, pengalaman belajar juga menentukan pemilihan strategi pembelajaran.


Materi lengkap dapat didownload di: 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar